-->

Penjelasan Poin to Point dan Point to Multi Point


Wireless Internet Service Provider (WISP) adalah sebuah penyedia jasa layanan internet yang menggunakan media wireless untuk mendistribusikan koneksi internet ke pelanggan.

Pada Gambar di bawah ini adalah salah satu contoh dari distribusi WISP. Dalam contoh kasus ini, sumber koneksi internet berada di sebuah data centre (A). Dari data centre, link Point-to-Point (PtP) menuju sebuah tower yang digunakan sebagai BaseStation (B). Dari BaseStation ini, koneksi internet didistribusikan ke pelanggan di beberapa titik (C) melalui link Point-to-MultiPoint (PtMP).


Point-to-Point

Penggunaan produk ubiquiti outdoor yang paling sederhana adalah untuk membentuk link Point to Point (PtP). Link Point-to-Point merupakan sebuah link yang menghubungkan satu node dengan hanya satu node lain. Seperti contoh, dua buah perangkat radio ubiquiti digunakan untuk membentuk link wireless point to point dari data centre menuju sebuah tower yang digunakan sebagai BaseStation.

Link Point-to-Point (PtP) radio seperti ini sering disebut backhaul radio. Perangkat yang digunakan sebagai backhaul radio biasanya mempunyai daya pancar serta antenna gain yang tinggi, sehingga memungkinkan komunikasi hingga beberapa kilometer.


Point-to-MultiPoint

Point-to-MultiPoint (PtMP) merupakan link yang menghubungkan dari satu node ke lebih dari satu node. Link PtMP ini biasa digunakan oleh WISP sebagai perpanjangan distribusi koneksi internet dari link PTP ke beberapa pelanggan.


Dan System PtMP (Point to Multi Point) terdiri dari dua bagian,

a.Base Station

Perangkat Base Station merupakan perangkat master atau AP (Access Point) dari suatu link PtMP. Perangkat-perangkat tersebut biasanya mempunyai daya tinggi dan menggunakan antenna dengan cakupan yang sangat luas, sehingga banyak klien dapat terhubung sekaligus.

b. Clients, atau CPEs (Customer Premise Equipment)
Perangkat CPEs adalah perangkat-perangkat yang terhubung ke BaseStation dalam suatu link PtMP. Perangkat yang digunakan sebagai CPE biasanya memiliki cakupan pancaran yang sangat terarah menuju salah satu perangkat yang berada di Base Station, mengingat CPE hanya butuh terhubung ke salah satu perangkat di BaseStation saja.
 
Apa saja yang memungkinkan komunikasi wireless terbentuk?

Radio frekuensi bukanlah hal ghoib !. dengan perencanaan yang tepat dan pertimbangan yang matang, siapa saja dapat melakukan instalasi link wireless dengan troughput tinggi dan juga jarak link yang jauh. Ubiquiti dengan tool-tool yang dikembangkannya, memberikan kemudahan untuk instalasi sebuah link wireless



Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Penjelasan Poin to Point dan Point to Multi Point"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel