-->

Penjelasan Teori Konsep Routing OSPF






What is OSPF ?

Open Shortest Path First adalah routing protocol di internet protocol jaringan.Routing protocol adalah aturan untuk pertukaran informasi routing,sementara internet protocol adalah sebuah protocol komunikasi di internet.

OSPF ini menggunakan link state routing.Link.State routing adalah satu dari 2 kelas utama routing protocol yang di gunakan sebagai komunikasi computer. OSPF ini masuk dalam Interior Gateway Protocol (IGP ).

IGP adalah protocol yang digunakan untuk bertukar informasi routing di dalam satu jaringan yang sama.maksud dari jaringan interior adalah suatu jaringan dimana kita mempunyai hak untuk menjadi administrator jaringanya.OSPF berada di OSI-Layer 3, Maka bisa saya simpulkan pengertiannya adalah sebuah routing untuk pertukaran data di internet yang menggunakan link state dan masuk dalam Interior Gateway Protokol(IGP).


Kenapa harus OSPF

OSPF ini sangat cocok untuk jaringan dengan skala besar , tak hanya itu saja OSPF juga merupakan routing protocol yang bersifat terbuka.  bersifat terbuka adalah OSPF ini bukan dari vendor manapun, tak heran jika kita menemukan fitur ini di router seperti mikrotik ataupun cisco.

OSPF dapat mendeteksi perubahan topologi,seperti kegagalan link danmenyatu pada routing yang bebas loop baru dalam hitungan detik. OSPF menghitung jalur terpendek dengan metode yang di di dasarkan pada algoritma Dijkstra, tugas dari algorima Dijketra adalah mencari rute terpendek (jadi bisa lebih
cepat).

OSPF menggunakan sebuah konsep yaitu konsep hirarki routing (apa maksud dari hirarki routing)hirarki adalah membagi jaringan menjadi beberapa tingkatan.Keuntungan dari konsep hirarki sendiri adalah untuk menyerdahanakan daerah routing dan mengoptimalkan lalu lintas routing dan pemanfaatkan sumber daya dengan maksimal.

Protokol Transport apa yang digunakan OSPF ?

Sebenarnya OSPF tidak punya transport protocol. (loh terus bagaimana OSPF ini mengirim paket/informasi dari OSI-Layer 3 (network, karena routing ada di osi-layer 3 )ke OSI-Layer setelah 4 (osi-layer 5 dan seterusnya) tampa menggunakan protocol transport seperti UDP atau TCP? )


Jawabnya adalah OSPF merangkum data langsung di datagram IP dengan nomor protocol 89. OSPF melakukan sendiri lapisan transport fungsi deteksi dan koreksi kesalahan. Dengan menggunakan multicast OSPF daoat mengatasi penyebaran informasi routing dalam domain broadcast.Paket OSPF tidak pernah melakukan perjalanan lebih dari satu hop,protocol OSPF ketika berjalan di IPv4 dapat beroprasi dengan aman antar routerdan pada OSPFv3 yaitu OSPF untuk IPv6 namun untuk versi ini tidak di dukun otentikasi protocol internal.

Lalulintas Routing IP Multicast .OSPF mendukung Multicast Open Shortest Path First (MOSPF).OSPFv3 sebenarnya untuk modifikasi dari IPv4 protokol. kecuali(ingat ada kecuali)untuk link virtual,(kenapa tidak untuk link virtual)karena IPv6 menggunakan link-lokal . Protokol IPv6 beroprasi dengan per-link bukan seperti IPv4 yaitu dengan subnet.

Semua informasi awalan IP telah di hapus dari link state dan dari hallo(hallo adalah salah satu paket dari OSPF) paket pembuatan OSPFv3 dasarnya adalah protocol independen.meskipun sampai saat ini IPv6 sudah terkenal namun penggunaanya masih sedikit (mengapa?)karena tidak mudah untuk berpindah dari IPv4 ke IPv6.



Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Penjelasan Teori Konsep Routing OSPF"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel