-->

Pengertian Firewall Dan Fungsinya




Firewall adalah salah satu fitur yang penting untuk router karena fungsinya banyak untuk peforma router,apa lagi karena router tugas utamanya untuk menghubungkan network yang berbeda. Firewal berfungsi sebagai keamanan untuk menjaga router dari serangan baik dari luar jaringan ataupun dari dalam jaringan tersebut.


Di firewall mikrotik ada banyak fitur seperti filter rule,nat,address list, mangel, layer 7 dan masih bayak lagi, pertama yang paling basic yaitu filter rule, setiap konfigurasi filter rule diorganisir dalam chain(rantai) yang berurutang di chain tersebut terdapat 3 aturan yaitu (input,output dan forward).

Router membacanya dari atas kebawah,misal yang nomor satu ip yang bisa mengakses router adalah ip address 10.10.10.2 dan yang nomor 2 semua ip address 10.10.10.0/24 tidak bisa mengakses router. Berhubung yang atas ip yang bisa mengakses router hanya 10.10.10.2 bearti yang selain itu tidak bisa mengakses router tersebut.


Ngomong-ngomong tadi kita sebut aturan yang ada pada chain ada tiga yaitu input,output, dan forward. Tapi apa maksudnya ya? Maksunya adalah

Input    : ke dalam router,misalnya pc ngeping ke router
Output  : dari router ke luar bisa ke internet ataupun ngping ke pc client
Forward : melewati router misalnya pc melakukan browsing


Konsep dari firewall rule adalah IF dan Then maksudnya 
IF    =chainnya di buat dahulu jika cocok kemudian(then)
Then =tindakan dari IF

Misalnya dalamkehidupan sehari-hari "jika saya punya motor kemudian saya akan belajar naik motor"
Kalo di firewall mikrotik jika chainnya srcnat yang menunjukan dari router dan keluar lewat ether 1 kemudian akan saya sembunyikan(masquerade)



Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Pengertian Firewall Dan Fungsinya"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel