-->

Pengertian Dari QoS (Quality of Service)



Pengertian Dari QoS - masih bersama saya kali ini saya mau share tentang bandwith nih, oke sebelumnya ada yang sudah tau tentang QoS, oe ane jelasin lebihdetail lagi apa itu QoS ?

Qos (Quality of Service) adalah sebuah metode yang digunakan untuk membatasi banwidh untuk user, dengan adanya Qos kita dapat mengcegah pemonopolian banwidh dengan inii user biasa dan user yang di prioritaskan bisa mendapatkan jumlah banwidh masing masing

Di mikrotik Router OS biasanya dikenal dengan sebutan Banwidh management, untuk fiturnya banwidh management ini menggunakan Queue. Terdapat 2 metode yang digunakan untuk Queue yaitu:

Simple Queue = simple queue merupakan jenis management bandwidh yang mudah dan simple, simple queue biasanya digunakan untuk management banwidh skala kecil, simple que ini digunakan untuk management trafik upload dan download masing masing client.

Queue Three = sama seperti simple queue tapi jika di simple que kita hanya mengonfigurasi pada masing masing client di Queue Three tidak.

Di Queue Three nanti clien kita kelompokan, nanti jadinya seperti hirarki berkelompok-kelompok. Nanti juga harus mengaktifkan firewall mangel untuk mengatur trafik paket. Karena nantinya kita akan melimit seperti browsing, game dan lainnya terpisah,jadi tidak bandwidh segini terus digunakan semaunya dan jumlahnya sama, bukan seperti itu nanti tapiseperti ini banwith untuk game segini,untuk streamin segini dan untuk browsing segini dan yang lainnya

Dalam management Banwith ada batasan-batasan ketika harus mengkonfigurasinya yaitu ada 2 jenis batasan alokasi banwith(rate limit) yaitu:

CIR (Comited Information rate) ini adalah alokasi banwith pada suatu keadaan terburuk ketika client hanya memdapat jumlah banwith sesuai dengan konfigurasi(limit at) dengan catatan bandwith yang tersedia harus masuk akal, maksudnya jika bandwith kita hanya 5M sedangkan kita konfigurasi 10M.

MIR(Max Information rate) ini adalah alokasi bandwith dimana client bisa mendapatkan bandwith tambahan sesuai dengan konfigurasi max-limitnya dengan sarat masih ada bandwith sisa yang bisa digunakan. MIR bisa berjalan jika semua client telah mendapat limit at.

oke sudah paham jika belum tinggal comment aja terimakasih.



Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Pengertian Dari QoS (Quality of Service) "

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel