-->

Konfigurasi Mikrotik Default Route




Masih bersama saya kali ini saya mau share kembali tentang routing sebelumnya kita sudah membahas tentang static routing yang jumlahnya masih terjangkau seperti 1-4 router saja, nah bagaimana jika anda dapat job tantangan Static route jika mempunyai banyak network misal 10 network yang berbeda kemudian kita konfigurasi static route semua maka secara tidak langsung kita telah memberikan beban di table routing maka disaat itu kita harus menggunakan default route ini. Default route juga digunakan untuk mengakses internet.

Berikut ini Contoh konfigurasi default route.


  • Kita konfigurasi ip addressnya untuk ether1 dan ether2 nya. Untuk ether1 kita konfigurasinya sesuaikan dengan ip di jaringan anda masing masing ip address 10.0.1.2/24 dan untuk ether 2 kita konfigurasi ip address sesuka hati anda kalo dalam lab ini saya konfigurasi dengan IP address 10.20.20.10/24

  • Setelah konfigurasi ip address selesai sekarang kita akan mengkonfigurasi Default route nya , untuk konfigurasinya buka menu IP>>>Routes>>>kemudian masukan gateway dari jaringan yang terhubung ke internet

  • Maksud dari Tujuan 0.0.0.0/0 adalah itu nantinya akan membawa ke manapun tidak mengarah ke network satu tapi semua network.
  • Setelah konfigurasi default route maka dalam tabel routing akan seperti dibawah ini, ada tanda AS
 
Keterangan
  • A = Active, karena konfigurasinya benar maka aktif
  • S = Static, karena dibuat secara manual jadinya ada petunjut Static Kemudian
  • reachable ether1 = jaringan tersebut bisa di hubungi atau bisa diakses
Kemudian kita coba  ping ke Internet untuk pengecekan


oke sudah bisa ping mungkin Sekian dulu, nanti akan ada tips dan tutorial yang lain, oke jangan lupa di follow yaa sekian terimakasih.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Konfigurasi Mikrotik Default Route"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel