-->

Pengertian Dan Jenis-Jenis LSA OSPF



Penjelasan Teori Link-State Advertisement - Link-State Advertisement atau disingkat LSA adalah sarana untuk berkomunikasi dasar dari OSPF routing protocol untuk internet protocol,sementara internet protocol adalah sebuah protocol komunikasi di internet.jadi bisa saya simpulkan pengertian dariLink-State Advertisement adalah sebuah sarana yang menjadi dasar OSPF untuk routing di protocol komunikasi internet.


Area Border Router (ABR) adalah router yang menghubungkan lebih dari satu area OSPF yang berbeda. Autonomous System Border Router (ASBR) adalah router yang menghubungkan OSPF ke autonomous system lain atau bisa dikatakan ke routing lain, bisa static routing dan dynamic routing (RIP, EIGRP, BGP).

OSPF bekerja dengan mengumpulkan informasi route berupa LSA (Link State Advertisement) untuk kemudian disimpan dalam LSDB (Link State Database). OSPF mempunyai beragam jenis LSA dalam rangka membangun LSB. OSPF dibangun menjadi area-area dan ada beberapa jenis area yang dapat kita pilih untuk network kita dengan tujuan sebagai berikut :
  • Meminimalkan LSA Flooding
  • Membuat LSDB lebil kecil
  • Mengurangi SPF Calculation
  • Agar routing table lebih kecil

Jenis-jenis LSA

LSA memiliki jenis –jenis , tapi kali ini saya akan rangkum sekitar 11 jenis saja yaitu sebagai berikut

Router LSA

router LSA cara kerja router LSA mengumumkan kehadirannya dan daftar link ke router lain atau satu jaringan yang sama,dan bersama-sama dengan metric kepada mereka .ID link state dari jenis 1 LSA adalah ID routernya sendiri-sendiri,Tipe 1 LSA daerahnya di banjiri(flood) mereka sendiri.

Network LSA

Jaringan LSA – router yang istimewa seperti yang saya jelaskan di atas (Designated Route(DR)) pada segmen broadcast / segmen siaran (misalnya Ethernet) terdapat daftar router yang bergabung bersama oleh segment. ID link state dari tipe 2 LSA adalah alamat ip interface dari Designated Route(DR).sama seperti tipe 1 tipe 2 LSA juga di banjiri (di flood)didaerahnya sendiri.

Summary LSA

Summary LSA(ringkasan) Area Border Router (ABR) mengambil informasi dari salah satu daerah yang melekat dan merangkum itu sebelum di kirim ke daerah lain yang terhubung . (apasih enaknya menggunakan tipe 3 ini) itu karena summarization ini membantu menyediakan skalabilitas (dengan cara apa?)dengan cara menghapus informasi topologi daerah lain,karena informasi routing di rinkas menjadi hanya sebuah awalan alamat dan metric.ID link state adalah jumlah jaringan tujuan untuk 3 jenis LSA. Proses summarization dapat di konfigurasi untuk menghapus banyak prefik alamat rinci dan menggantinya dengan awalan Summary tunggal,membantu skalabilitas.


ASBR Summary LSA

ASBR-Summary LSA – ini diperlukan karena jenis 5 LSA eksternal mengalami Flood(banjir) keseluruh area dan informasi next-hop berada di daerah lain karena mungkin menggunakan protocol routing yang berbeda.Kasus ini di selesaikan oleh ASBR dimana berasal dari 5 jenis ID link-state adalah ID router di jelaskan untuk tipe 4 LSA.


External LSA

Eksternal LSA – LSA ini berisi informasi yang diimpor ke OSPF dari proses routing lain. Tipe ini mem flod semua daerah tidak berubah kecuali stub dan NSSA . Tipe ini terdapat 2 jenis yang pertama Metric Eksternal Tipe 1 pengirimanya adalah cost(dalam bahasa Indonesia adalah “biaya”) metric dikirim ,sebagai total cost(biaya ) untuk sampai tujuan Eksternal dan termasuk cost untuk ASBR.
Eksternal tipe 2 LSA pengiriman costnya dari dari ASBR ke jaringan tujuan eksternal harus ditambahkan dengan cost(biaya) OSPF untuk ASBR advertisement tipe 5 LSA adalah nomor jaringan eksternal.



Multicast LSA

keanggotaan LSA ini hanya di dukung beberapa router saja karena ini di definisikan untuk multicast ekstensi OSPF (MOSPF) sebuah multicast . Sayangnya multicast ini tidak digunakan secara umum (kenapa?) karena using sejak munculnya OSPFv3 dan saat ini tidak digunakan . Mungkin kalo IPv6 sudah mulai digunakan baru ini digunakan kembali.

NSSA LSA

Router Not-so-stubby-area(NSSA) tidak menerima LSA dari ABR tapi masih diperbolehkan untuk mengirim informasi routing Eksternal untuk redistribusi mereka mengguakan tipe 7 LSA untuk memberitahukan ABR tentang rute –rute Eksternal(baik sekali ya) dan kemudian area border router(ABR) di terjemahkan ke tipe 5 LSA eksternal dan flood seperti biasa ke seluruh jaringan .


External Attribut LSA

berupa link local LSA saja untuk OSPFv3 .tipe 8 LSA digunakan untuk memberikan informasi tentang alamat link local dan daftar alamat IPv6 pada link.sekarang dalam OSPF v2 pada tipe 8 ini untuk digunakan sebagai External –Atribut –LSA autonomous system OSPFv2 bisa menggantikan Internal Border Gateway Protocol(IBGP) . Dalam jaringan ini tujuan BGP akan dimasukan di LSA tipe 5 sementara atribut BGP akan dimasukan ke LSA Jenis 8.

Link Local

Tipe 9 sebuah link-lokal “opaque” (buram dalam Bahasa Indonesia)LSA ,di OSPFv2 dan Intra-Area-Prefix LSA di OSPFv3 .ini adalah LSA OSPFv3 yang berisi awalan untuk rintisan dan transit jaringan di ID link-state.
Area Local

Tipe 10 area-local "opaque"(buram) LSA ini berisi tentang informasi yang harus di flood oleh rouer lain bahkan kalo tidak bisa memahaminya (informasi).
Digunakan untuk apakah tipe ini ?. Biasanya tipe ini (tipe10 LSA) digunakan untuk ekstensi rekayasa lalu lintas ke OSPF ,flood (banjir) informasi tambahan tentang link sekedar metric mereka , seperti bandwidth link dan warna.

AS

Tipe 11 AS "opaque"(buram) LSA jenis ini mem flood atau membanjiri di mana-mana kecuali daerah rintisan . ini adalah opaque(buram) setara tipe 5 eksternal.



Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Pengertian Dan Jenis-Jenis LSA OSPF"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel