-->

Pengenalan Software Pandora FMS


Assalamu'alaikum,

Pengenalan Pandora FMS- Masih bersama saya fathi kali ini ane mau ngenalin ke ente yang belum tau apasih itu Pandora, jika kalian seorang NOC pasti tau donk tentang pandora, oke ini khusus yang belum tau aja yaa.

Apa Itu Pandora FMS ?

Pandora FMS merupakan sofware untuk monitoring atau mengontroll jaringan, nah, Pandora ini diperuntukan bagi semua tipe environtment. sebenarnya ada banyak sekali software untuk monitoring jaringan mungkin bisa jadi ratusan bahkan ribuan, tetapi kebanyakan software monitoring diperuntukan untuk environtment tertentu seperti yang saya bilang tadi Pandora ini diperuntukan bagi semua tipe environtment nah, disitulah perbedaan pandora dengan yang lain.

oke saya kasih contoh nya software A diperuntukkan khusus untuk jaringan server linux, dan software B untuk Windows dll.
Pandora FMS ini digunakan untuk beradaptasi terhadap semua jenis distribusi dan environtment untuk berbagai kebutuhan. dia juga merupakan software monitoring yang flexible sehingga dapat memanajemen dan mengontrol sebuah infrastruktur dengan sempurna. tanpa harus investasi uang dan waktu.

FMS ini merupakan akronim dari Flexible Minitoring System. dan tujuannya adalah dapat memonitoring sistem yang baru yang sangat kompleks maupun sistem yang sudah lama atau  sudah tua , dan semuanya ini dalam 1 software monitoring saja.

Support

Pandoa FMS dapat digunakan pada banyak sistem operasi modern yang tersedia pada pasar initernet sasat ini. mulai dari Windows NT4 sampai Windows 2008 dan juga dengan sistem operasi keturunan Unix Terbaru ( AIX, Solaris, HPUX, BSD, Linux ) pada semua versi maupun distribusi.


oh ya.. Pandora FMS ini tentu tidak hanya bisa memonitoring sistem operasi saja, tetapi dia juga bisa pada software jaringan, dengan menggunakan SNMP (versi 1,2,3) ataupun Via Protocol TCP(snmp,ftp,dns,http,dll) ICMP atau UDP.

Pengenalan Fitur-Fitur Pandora FMS

nah, berikut ini adalah fitur-fitur yang dapat anda gunakan untuk meonitoring jaringan menggunakan pandora FMS :
  • Autodiscovery. Pada jaringan Local, jadi server Pandora FMS akan mengoleksi data Hardisk,Partisi dan yang lainnya dari software yang terinstall agent Pandora.
  • Autoexploration. dengan menggunakan interface yang berbasis web dari Pandora sendiri, kita bisa melihat sistem yang sedang aktif, dan dan mengkategirikan sistem-siste yang aktif tersebut berdasarkan sistem operasinya. berdasarkan exploration sistem yang aktif ini bahkan bisa juga dibuat topology secara otomatis berdasarkan routing yang tersedia.
  • Monitoring. Agent dari Pandora FMS dapat menganbil informasi dari Mulai Perintah yang dieksekusi hingga Penggunaan CPU.
  • Remot Access. Agent itu sendiri dapat membuat service, menghapus file sementara atau pun mengeksekusi proses yang dapat dilakukan di web.
  • Alerts dan Notifications. anda dapat membuat notifikasi terhadap hal-hal yang terjadi pada sistem yang dipasang agent atau di remot, seperti notifikasi terhadap penggunaan CPU yang terlalu tinggi dll. Hal seperti ini dapat dibuat alert/tanda bahaya yang dapat dikirimkan ke e-mail maupun protokol chatting telegram.
  • Analysis and Visualization. Monitoring bukan hanya sekedar melihat penggunaan service. Dengan Pandora, monitoring juga dapat menjadi metode untuk membuat laporan sebuah sistem, mengkolerasi data dan dibuat grafik, pengelompokkan sistem yang dimonitor dan masih banyak lagi. Semua hal tersebut dilakukan dalam satu interface Web. 
  • Inventory Creation. Dengan pandora, kita dapat mengeksplor monitoring sesuai dengan lingkungan yang kita miliki. Dari mulai membuat notifikasi ketika sebuah sistem sedang mengalami CPU load yang tinggi, hingga mengirim laporan terjadwal terhadap sistem tiap bulannya ke daftar email yang diinginkan. Semuanya siap untuk dieksplorasi oleh Anda.

Remot Monitoring Pandora FMS

Remot monitoring ini merupakan metode monitoring tanpa adanya software Agent yang dipasang pada sistem yang sedang dimonitor berikut penjelasannya.


Remote monitoring, biasanya digunakan untuk :
Melakukan pemeriksaan apakah si client sedang aktif atau down.
dan Hasil monitoring dari remote monitoring lebih terbatas dan lebih sulit dibandingkan dengan menggunakan metode local monitoring yang menggunakan agent. Namun ada kalanya kita menggunakan remote monitoring, seperti pada Router yang tidak dapat diinstall Agent, kita dapat menggunakan protokol SNMP .

Local Monitoring Pada Pandora FMS

Local monitoring ini adalah cara monitoring yang dilakukan pada sistem yang telah terpasang software Agent Pandora.

Dengan menggunakan Agent, server tidak hanya dapat mengambil informasi. Berikut adalah kelebihannya.
  • Agent dapat dikonfigurasikan untuk memiliki reaksi ketika ada masalah yang terjadi pada sistem yang dimonitor.
  • Agent dapat berinteraksi langsung dengan sistem, yang secara tidak langsung dapat berinteraksi dari server juga.
  • Agent dapat dikonfigurasikan untuk menghapus file temporary (sementara)atau mengeksekusi perintah.
Begitulah kelebihan masing-masing metode monitoring,jdai anda bisa menentukan sendiri yang lebih cocok untuk jaringan anda Remot atau Local monitoring. oke mungkin sekian dari saya kurang lebihnya mohon maaf dan Terimakasih.





Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Pengenalan Software Pandora FMS"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel