-->

Penjelasan Type Message Routing OSPF



Type Message OSPF - Masih bersama saya sebelumnya kita sudah membahas tentang cara kerja dan konsep ospf sekarang kita akan membahas tentang Message/pesan apa saja yang dikirimkan oleh ospf tersebut. Pada dasarnya OSPF ini tidak menggunakan protocol transport seperti UDP atau TCP .Tapi OSPF membentuk data gram IP langsung ,yaitu menggunakan protocol number 89. Ada 5 pesan protocol yang berbeda di definisikan oleh OSPF yaitu:

Hallo

pesan hallo ini digunakan sebagai bentuk ucapan untuk memunkinkan router dapat berdekatan dengan router lain yang satu jaringan local agar saling SKSD so'kenal so'deket.
pesan ini membangun hubungan antar perankat neighbor (tetangga dan di sebut adjacencie atau kedekatan dan berkomunikasi tentang bagaimana OSPF digunakan dalam autonomous system atau daerah.dalam oprasi normal .Dalam menentukan adjacency minimal ada 3 hal yang yang terjadi

Interval Hello

Lalu Waktu router untuk mengirim pesan hallo ke router tetangga secara berkala itu dikirim setiap 10 detik pada jaringan multicast dan setiap 30 detik pada non-broadcast multi-access.

Dead Interval(interval mati)

Waktu router untuk menunggu kiriman paket dari router lain . Waktu yang digunakan adalah 40 deti untuk jaringan Multicast dan untuk jaringan non-broadcast multi-access ,waktunya adalah 120 detik. selama waktu tunggu, router tidak menerima paket dari neighbor maka secara otomatis neighbor akan di hapus dari database link-state

Network Type

Network Type adalah area, sebuah pemetaan jaringan OSPF.Ketikan 3 hal tadi memiliki persamaan maka router neighbor di jadikan adjacency. Untuk lebih jelasnya tentang bagaimana mengetahui apakah router neighbor memiliki kesamaan dari 3 hal diatas maka informasi akan dikirim dengan paket hello.

jadi router mengirimkan paket hello kesemua interface yang aktif untuk menjalin hubungan adjacency atau tidak,saat mengirimkan paket hello dan untuk mengetahui siapa yang mengirim paket hello maka router memiliki identitas yang disebut Router ID bisa disingkat RID.

Database Description

Berbeda dengan Hello, Database Description ini berisi pesan tentang deskripsi dari topologi dari autonomous system (AS).Database Description menyampaikan isi database Link-state (LSDB) Untuk daerah dari satu router yang lain. Berkomunikasinya LSDB kemungkinan besar memerlukan beberapa pesan yang akan dikirim , perangkat pengirim yang disebut master untuk mengirim pesan dalam urutan ,dengan slave(penerima informasi LSDB) untuk menanggapai dan mengucapkan terimakasih.

Link State Request


Pesan ini digunakan untuk meminta informasi terbaru tentang informasi terbaru dari LSDB router lain. Pesan yang menentukan yang mana link (s) untuk perangkat /intervace yang meminta informasi lebih lanjut.

Link State Update

Pesan ini berisi informasi terbaru tentang keadaan link tertentu di LSDB .untuk apakah mereka di kirim ?yaitu untuk menanggapi permintaan pesan Link-state dan juga broadcast atau multicast oleh router secara teratur ini digunakan untuk membarui informasi di LSDB router yang meminta informasi tadi.

Link State Acknowledgment

Pesan ini menyediakan keahlian untuk proses pertukaran link-state ,dengancara tegas mengakui penerimaan pesan Link–State Update.

oke mungkin ini saja yang dapat saya sampaikan kurang lebuhnya mohon maaf dan terimakasih jangan lupa di follow ya... Good Luck


Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Penjelasan Type Message Routing OSPF "

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel