-->

Konfigurasi Mikrotik Queue PCQ



Konfigurasi Mikrotik Queue PCQ - kembali lagi bersama saya kali ini ane mau ngasih penjelasan / teori dan konfigurasi PCQ pada Mikrotik sebelumnya apa itu PCQ ?

PCQ adalah sebuah metode pembagia bandwith dengan mengalokasikan emua bandwithnya ke client yang ada pada suatu jaringan serta membagi total semua bandwith yang ada.

Jika kita memiliki jumlah client yang banyak, katakanlah 100 komputer dan kita ingin semua komputer mendapatkan bandwith yang sama dan kita malas untuk mengkonfigurasinya satu satu maka dengan metode ini kita bisa mengatur bandwith disemua client sekaligus secara bersamaan.

oke biar gak lama lama langsung saja kita konfigurasi,  pertama kita harus memiliki perangkat terlebih dahulu yaitu satu router mikrotik dan 3 atau 2 PC kemudian 1 swicth perangkat boleh perangkat asli, boleh juga peranggkat virtual seperti GNS3. kemudian buat topologi yang mendekasi seeprti dibawah ini


  • Pertama kita harus konfiurasi ip addressnya dahulu di router 1,untuk konfigurasinya kita menyesuaikan saja, kalo disini saya konfigurasi di ether1 dengan ip address 10.0.1.1/24 karena di daerah saya ip network yang terhubung ke internet itu dan untuk ether2 saya konfigurasi dengan ip address 10.10.10.1/24.

  • Kemudian yang kedua pastikan router dan PC sudah terhubung dengan internet
  • Kemudian yang ketiga kita sudah mulai menginjak konfigurasi PCQ yaitu buka menu Queue kemudian dibagian tab Que Types>>>>add(+)


  • Selanjutnya kita berikan namanya,nama ini nanti bakalan berfungsi maka saya saranin berikan nama, kemudian untuk kindnya kita gunakan pcq, kemudian ratenya kita mau membatasi berapa mb/kb? Itu terserah anda, disini saya menggunakan 512k, karena saya rasa cukup segitu untuk 3 PC dan kemudian yang nggak kalah penting yaitu bagian Classifer karena disini kita baru konfiurasi untuk bagian download kita centang bagian Dst-address.

  • Kemudian kita tambahhkan lagi pcq-nya konfigrasinya hanpirsama dengan yang downloadnya yang membedakan hanyalah namanya,kemudian berikan berapa bandwith untuk uploadnya, sebagai contohnya saya menggunakan 256k
  • Kemudian jika sedah selesai dengan konfiugrasinya kurang lebih hasilnya seperti ini 
  • konfigurasinya belum selesai kita belum menambahkan pembatasan yang resmi di Queue, untuk menambahkannya kita masuk menu Queue kemudian pilih add(+) dan konfigurasikan nama dan network mana yang kita berikan batasan bandwith tadi,sebagai contoh saya memberikan nama Pcq-limit dan tagetnya adalah 10.10.10.0/24 jangan di apply >>>oke dulu karena masih ada konfigurasinya lagi
  • sekarang kita berpindah tab ke advance dan kita masukan pcq yang tadi kita tambahkan di Queue Type kemudian apply >>>oke
  • Sekarang untuk melihat trafik yang masuk kita bisa melihatnya di tab Trafik, disini kita bisa menglihat semua bandwith yang digunakan


oke mungkin ini saja yan dapat saya sampaikan tetap ikuti truss ya.......

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Konfigurasi Mikrotik Queue PCQ"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel