-->

Hot Standby Router Protocol (HSRP)

Hot Standby Router Protocol yang biasa disingkat dengan HSRP  adalah sebuah
Protocol Redundancy standar cisco yang menetapkan sebuah Router yang secara otomatis mengambil alih pekerjaan jika salah satu Router yang sedang aktif mengalami kegagalan Routing atau mengalami kerusakan. 

Di dalam HSRP mendefinisikan dua status Router yakni Router yang aktif dan Router standby. Router aktif yakni Router yang melakukan Routing atau pekerjaan sedangkan Router yang standby digunakan sebagai Redundancy dari Router aktif jika gagal meRouting. HSRP adalah salah satu fitur perangkat lunak yang dapat dikonfigurasi untuk menyediakan Layer 3 Redundancy untuk Network host. 

Dalam penerapan Hot Standby Router Protocol kita memerlukan minimal dua buah Router yang saling terkoneksi. Dari dua buah Router tersebut salah satu Router kita jadikan sebagai Router aktif dan satunya digunakan sebagai Redundancy yang statusnya sebagai Router standby. Dari kedua Router tersebut dibuat satu Router virtual yang digunakan sebagai default gateway dalam dalam jaringan tersebut.




1. Aktif Router

Di dalam HSRP Group, satu Router dipilih untuk menjadi Router aktif. Active Router memforward paket yang dikirimkan ke MAC Address pada Virtual Router. Active Router merespon traffic untuk virtual Router. Jika end station mengirimkan sebuah paket ke virtual Router MAC Address,  Active Router menerima dan memproses paket tersebut. Jika end station  mengirimkan ARP request dengan virtual Router IP Address, Active Router mereplay dengan virtual Router MAC Address.

2. Standby Router

Router standby merupakan Router Redundancy yang digunakan untuk backup Routing otomatis dari Router aktif. Apabila Router aktif mengalami kerusakan atau gagal Routing, Router standby mengambil alih kerja Router aktif tersebut, status standby langsung berubah menjadi aktif.

3. Virtual Router

virtual Router hanya sebuah IP dan MAC Address pada end Device yang dikonfigurasi sebagai default  gateway . Router yang aktif akan memproses semua paket dan frame yang dikirim ke virtual Router addrress. Router virtual tidak proses frame fisik. 

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel